KMP Labrita Adinda Terbakar Di Selat Bali

KMP Labrita Adinda Terbakar Di Selat Bali – Kapal motor penumpang (KMP) Labitra Adinda dari Pelabuhan Gilimanuk Bali yang tengah dalam perjalanan menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi terbakar. Semua penumpangnya sukses dievakuasi. Apa sajakah kenyataan-fakta masalah peristiwa ini?

KMP Labrita Adinda Terbakar

KMP Labitra Adinda terbakar di Selat Bali saat berlayar dari Pelabuhan Gilimanuk Bali menuju Pelabuhan Landing Craft Machine (LCM) Ketapang, Banyuwangi, Kamis (17/5/2018) . Momen ini berlangsung sekitaran jam 14. 20 WIB.

” Kebakaran berlangsung di dek kapal lantai 2, Barah masih tetap menyala, ” kata Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman.

AKBP Donny serta jajarannya memonitor segera kebakaran kapal ini. Tampak asap hitam masih tetap mengepul dari kapal.

KMP Labitra Adinda terbakar di Selat Bali waktu baru saja meninggalkan Pelabuhan Gilimanuk Bali. Tempat kapal sekitaran 200 mtr. dari bibir pantai.

Data yang dikumpulkan, di KMP Labrita Adinda ada sekitaran 20-25 orang penumpang termasuk juga kru kapal. Kepanikan berlangsung waktu barah keluar dari dalam kapal ditambah asap hitam yang mengepul.

Kapal ini mengangkut 5 truk kecil, 5 truk besar serta 1 Kendaraan kecil. Diluar itu, ada 2 sepeda motor didalam kapal.

Penumpang KMP Labrita Dievakuasi

Ada 15-25 orang penumpang didalam KMP Lambrita Adinda. Sebentar sesudah kapal terbakar, petugas paduan dari pelabuhan, Basarnas serta Polair dan TNI segera bergerak lakukan pengungsian.

Semua penumpang dievakuasi ke KMP Karya Maritim II. Beberapa penumpang loncat satu per satu ke air lalu dinaikkan ke sekoci menuju kapal.

Kapal ini sekitaran jam 15. 15 WIB ditarik ke pantai di dekat Pelabuhan Ketapang, persisnya di pantai belakang Hotel Banyuwangi Beach, sekitaran 500 mtr. dari pelabuhan.

Petugas pemadam dari kapal tugboat punya Pertamina serta Pemadam Kebakaran Pemkab Banyuwangi berjibaku dengan barah sepanjang 4 jam lebih untuk memadamkan barah. Tidak lama, barah dapat dipadamkan seutuhnya.

Penumpang KMP Labrita Syok

Tak ada korban jiwa dalam momen terbakarnya KMP Lambrita Adinda. Walau sekian, keadaan penumpang umumnya syok serta ada juga yang kelenger.

” Untuk penumpang KMP Labitra Adinda ada 18 orang serta 12 ABK selamat. Semuanya telah dievakuasi, ” tutur AKBP Donny.

Beberapa penumpang yang syok serta kelenger segera memperoleh perawatan serta dibawa ke ambulans dan hotel paling dekat di pelabuhan menuju kantor ASDP Ketapang. Sesaat untuk ABK kapal dievakuasi kantor Basarnas di Pelabuhan LCM Banyuwangi.

Polisi Selidiki Penyebabnya Terbakarnya Kapal

Polisi menyebutkan kebakaran di KMP Labitra Adinda disangka karna arus pendek di mesin bawah. Polisi juga akan lakukan penyelidikan selanjutnya.

” Menanti penyelidikan selanjutnya. Info sesaat konsleting listrik di kapal, ” tutur AKBP Donny.

AKBP Dony mengatakan, sangkaan sesaat itu dia bisa dari info beberapa saksi yang telah dievakuasi. Satu diantara penumpang kapal dari Denpasar bernama Ahmad terlebih dulu menyebutkan, ada ledakan sebelumnya barah berkobar di kapal.

” Pernah ada ledakan serta lalu segera menyambar mobil serta naik ke atas, ” katanya.

Waktu peristiwa, Ahmad berupaya menghindari mobilnya dari barah. Karna barah selalu jadi membesar, dia lalu pilih meninggalkan mobilnya mencari tempat aman. Waktu itu menurut dia penumpang yang lain juga cemas berupaya menyelamatkan diri hingga pada akhirnya datang kapal penyelamat lakukan pengungsian.