Kemenangan Mu Kontroversial Dengan VAR

Kemenangan Mu Kontroversial Dengan VAR – Ada satu ketetapan kontroversial dalam kemenangan Manchester United atas Huddersfield Town di Piala FA. Keputusan itu berkenaan dengan tehnologi Video Assistant Referee.

MU menaklukkan Huddersfield 2-0 pada pertandingan tahap ke-5 Piala FA di John Smith’s Fase, Minggu (18/2/2018) dinihari WIB. Dua gol Romelu Lukaku mengantarkan The Red Devils ke tahap perempatfinal.

Tetapi, pernah tampil pro-kontra saat gol Juan Mata di injury time tahap pertama dibatalkan. Mata dikira ada pada tempat offside saat Ashley Young kirim umpan.

Wasit Kevin Friend mengambil keputusan buat menganulir gol Mata sehabis berkonsultasi dengan Neil Swarbrick yang ada di studio. Walau demikian, dikarenakan minimnya selisih tempat Mata dengan bek paling akhir Huddersfield, ketetapan itu menimbulkan perbincangan.

” Saya rayakan gol itu, tapi terlihat VAR membuktikan kalau itu offside. Saya tidak tahu, itu begitu tidak tebal, kan? ” tutur Mata pada BT Sport.

” Yang paling mutlak peristiwa itu tidak sangat mutlak dikarenakan kami menang. Tapi, tersebut pertama kalinya saya berjumpa Mr. VAR. Saya mendukungnya. Saya fikir itu memanglah diperlukan, terlebih saat ada ketetapan terang yang dapat mengganti kompetisi, seperti gol, offside, kartu merah, tapi mudah-mudahan keputusannya lebih cepat, ” tambah gelandang asal Spanyol itu.

” Tapi, saya fikir itu bagus buat sepakbola supaya lebih adil. Saya cetak gol, saya rayakannya, serta saat saya masuk ruangan tukar, mereka menyebutkan bahkan juga di tv juga peristiwanya tidak sangat terang. Jika VAR tidak terang, apa yang dapat Anda kerjakan, ” tuturnya.

Manajer MU, Jose Mourinho, juga berkomentar tentang dianulirnya gol Mata oleh VAR itu. Mourinho mengharapkan ada penyempurnaan sebelumnya VAR ditempatkan di Premier League.

” Saya menyiapkan diri saya di selama minggu buat mengontrol emosi tentang keadaan yang menyerupai dengan keadaan yang berlangsung. Anda cetak gol, ada kesangsian buat rayakannya atau tidak. Apakah Anda senang atau tidak? Saya tidak senang saat lihat Kevin Friend menyentuh alat komunikasinya. Saya ketahui suatu hal tengah berlangsung. Kesangsian tidaklah perasaan paling baik, ” papar Mourinho.

” Jika keputusannya merugikan tim saya tapi adalah ketetapan yang pas, saya begitu senang dikarenakan yang saya kehendaki yaitu kebenaran. Kadang-kadang itu merugikan tim saya, terkadang itu untungkan tim saya. Tapi, saya mendengar komentar kalau kemungkinan hakim garis benar serta bukanlah yang di studio, ” lanjutnya.

” Saya fikir ini yaitu periode percobaan. Di Portugal mereka telah memanfaatkannya di setiap pertandingan. Saya cukup familiar dengan beberapa hal baik serta beberapa hal jelek yang didatangkan oleh VAR. Mereka mesti menyingkirkan bagian buruknya serta membuatnya prima, ” kata Mourinho.

MU setelah itu juga akan bertemu dengan Brighton & Hove Albion di perempatfinal Piala FA.