Bangganya Maruarar Dengan Anak Cilacap

Bangganya Maruarar Dengan Anak Cilacap – Anggota DPR RI Maruarar Sirait mengapresiasi kompetisi terbuka catur merebutkan Piala 3 M. Piala 3 M ialah Piala Maruarar Sirait, Muhammad Misbakhun serta M Hatta Taliwang.

Acara ini terselenggara dibawah koordinator M Hatta Taliwang, yang diketahui menjadi aktivis pergerakan dan pemain catur.
“Kita respek pada team yang sudah mengadakan pekerjaan ini dengan adil, transfaran serta profesional hingga pekerjaan dapat berjalan dengan lancar,” kata Maruarar Sirait, yang mengemukakan sambutan dalam acara penutuna kompetisi di GOR Pasar Minggu, Sabtu malam (26/1/2019).
Tidak hanya kualitas penerapan kompetisi yan baik, dengan kuantitatif jumlahnya peserta sangat banyak.
Keseluruhan peserta sampai 862. Perincian peserta, 150 orang untuk kelompok master, 13 orang master Internasional, 24 orang perwakilan Fide master. Sesaat peserta non-master sampai 560 peserta.

Diluar itu ada pula grup junior yang berdasar pada kelompok umur. Yakni grup usia 12 tahun ada 70 pemain serta grup usia 16 tahun ke atas ada 46 pemain. Sesaat dari grup wasit ada 24 pemain.

“Peserta ini datang dari 20 Propinsi, termasuk juga Aceh, Gorontalo serta Bima. Ada pula satu peserta dari Uzbekistan serta satu dari Filiphina,” papar Hatta Taliwang.

Hatta Taliwang menuturkan, pekerjaan ini mempunyai tujuan untuk bangun persaudaraan, prestasi, dan bangun kesadaran buat penduduk usaha untuk menggerakkan berolahraga catur.

Ini tuturnya, harus juga jadi catatan buat pemerintah karena banyak peminat catur yang bersebaran di semua lokasi tanah air

“Dengan jumlahnya peserta dari beberapa daerah ini jika minat penduduk kita tinggi sekali. Mereka jauh-jauh hadir dengan keluarkan uang yang besar sekali, cuma untuk ikuti kompetisi ini,” papar Hatta.

Dengan spesial, Maruarar mengapresiasi juara pertama dalam kelompok umur 12 tahun, yakni Galang Adia Wardana. Anak umur 12 tahun ini hadir dari Cilacap dengan mengendarai sepeda motor saat 12 jam untuk ikuti kompetisi ini.

“Saya ingin menunjukkan jika kita miliki prestasi,” kata Galang, yang telah bermain catur semenjak umur 14 tahun.

Menurut Maruarar, kegigihan Galang yang hadir dari Cilacap memakai sepeda motor, turut kompetisi ini.

Buat Maruarar, ini mengisyaratkan minat beberapa pemain catur tinggi sekali, termasuk juga untu kelompok umur 12 tahun.

“Kita mesti gelorakan selalu kompetisi catur ini. Ke depan, di bulan April, kita akan adakan pekerjaan ini di Bandung dengan seribu jumlahnya peserta,” papar Maruarar.